Tarakan Borneo Blog

Just another WordPress.com weblog

Lima Kelurahan di Tarakan Susul Pamusian Terapkan Sampah Semesta

Tarakan, Walikota Tarakan, Sofian Raga, ungkapkan saat ini pemerintah kota (Pemkot) sedang melakukan penanganan program Sampah Semesta, seperti yang sudah dilaksanakan (baca, diterapkan) di Kelurahan Pamusian sebagai pilot project (proyek percontohan), dan saat ini 5 Kelurahan menyusul terapkan program yang sama.

“Kegiatan sampah semesta ini sudah berjalan, dan saat ini sudah menyusul Lima Kelurahan dalam melaksanakan program ini,” kata Sofian Raga saat silaturahmi dengan para pekerja kebersihan di halam kantor DKPP Tarakan, Kamis (07/01) lalu, bersama para Lurah dan Camat se-Kota Tarakan.

“Selumit, Selumit Pantai, Sebengkok, Karang Harapan, Kampung Empat dan Kelurahan – Kelurahan lainnya, segera menyusul laksanakan program ini,” imbuhnya.

Seperti sempat diwartakan beberapa waktu lalu, Sampah Semesta ini merupakan sebuah program dimana semua masyarakat ikut terlibat dan berpartisipasi. Karena tidak ada lagi yang namanya bak sampah dipingir jalan, artinya sampah akan diambil oleh petugas kebersihan sampah dari rumah ke rumah, kemudian dibawa ke Transfer Depo yang kemudian di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Untuk para petugas kebersihan sampah yang lakukan pengambilan sampah ke setiap rumah – rumah, akan diberikan upah berdasarkan iuran warga warga yang disesuaikan dengan keikhlasan dari warga untuk memberikannya.

“Bukan untuk siapa – siapa, untuk bapak petugas gerobak sampah yang akan mengambil sampah di tiap – tiap rumah bapak-ibu semua,” imbuhnya.

“Jadi tidak usah keluar rumah lagi nyari – nyari bak sampah, saya akan bongkar semua bak sampah di Tarakan. Ini merupakan komitmen bersama, jika mau bikin bak sampah lagi berarti dia mau kasih lihat sampah lagi di masyarakat, mau kasi cium sampah lagi kepada masyarakat, karena bak sampah itu sampah,” tegasnya.

Sofian Raga sangat mengapresiasi kepada seluruh petugas kebersihan Kota Tarakan yang telah turut membantu berpartisipasi dalam mewujudkan Tarakan menjadi kota yang Bersih, Indah, Hijau.

“Saya berharap sebelum akhir tahun 2017 seluruh kota ini tidak ada lagi bak sampah dan program sampah semesta sudah berjalan di 20 kelurahan yang ada di Tarakan ini,” tegas Sofian Raga.

OZ – DD, Diskominfo Tarakan

January 21, 2016 - Posted by | Kota Tarakan, tarakankota.go.id, Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: