Tarakan Borneo Blog

Just another WordPress.com weblog

Gempa Berkekuatan 6.1 SR Membuat Warga Tarakan Berhamburan

Tarakan,- Masyarakat Kota Tarakan khususnya warga yang tinggal di daerah pesisir berhamburan keluar dari tempat tinggalnya untuk menyelamatkan diri mencari tempat yang dirasa aman, setelah diguncang gempa berkekuatan 6.1 Skala Richter pada hari Senin (21/12) dini hari tadi.

Guncangan hebat dari gempa ini terjadi pada Lintang 3.61 Bujur 117.67 dikedalaman 10 Km, atau tepatnya pada titik 29 Km TimurLaut dari Kota Tarakan.

Dari pantauan awak Tarakan News dilapangan, sejak terjadinya gempa pada pukul 01.47 Wite sampai dengan pukul 04.00 Wite, terdapat beberapa titik konsentrasi tempat berkumpulnya warga untuk menghindari terjadinya gempa susulan. Titik konsentrasi warga tersebut yakni di halaman masjid agung Al Ma`arif Selumit, Lingkas Ujung (Pelabuhan Malundung), daerah Beringin, dan depan Kantor Pos/ Pajak (Kampung Baru).

Salah satu warga Lingkas Ujung, Rahman (40 tahun), mengatakan dirinya sangat terkejut dengan kejadian gempa dini hari tadi, karena hampir semua perabotan rumah tangga mengalami kerusakan cukup parah. Mulai pesawat televisi yang jatuh dari rak sampai terhamburnya piring – gelas dan perkakas memasak yang terletak di dapur.

“Kami sangat kaget sekali dengan guncangan gempa semalam, ditambah dengan suara ribut piring berjatuhan di dapur. Pesawat televisipun sampai terjatuh dari tempatnya (red, rak TV),” papar Rahman.

Yang sangat membuat dirinya khawatir adalah isu dari warga disekitar rumahnya yang mengatakan akan terjadinya tsunami, karena menurut sebagian warga yang panik di daerah belakang BRI (red, Selumit Pantai) air laut terlihat surut, dan dikhawatirkan akan diikuti oleh tsunami. Namun dirinya bersyukur, tsunami tidak terjadi di Tarakan.

OZ – DD, MC Diskominfo Tarakan

Sumber : http://tarakankota.go.id

January 21, 2016 - Posted by | Kota Tarakan, tarakankota.go.id, Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: