Tarakan Borneo Blog

Just another WordPress.com weblog

Sofian Raga : Petani Lokal Dituntut Berkembang Untuk Penuhi Komoditi Domestik

Kebun Agro Wisasata, Karang Harapan, Tarakan,- Dalam memperingati hari Pangan Sedunia, beberapa waktu lalu, Sabtu (16/10), Walikota Tarakan, Sofian Raga, bersama unsur SKPD terkait, melakukan dialog interaktif dengan kelompok Tani se-Kota Tarakan. Dalam dialog terbuka tersebut, Sofian Raga merespon positif aspirasi dan permasalahan yang disampaikan kelompok tani.

Disampaikan Sofian Raga, semua element harus memberikan perhatian dan turut mengevaluasi sampai sejauh mana ketahan pangan yang sudah dilakukan dan dicapai. mengingat kota Tarakan ini merupakan pulau. Oleh karena itu menurutnya, ketahanan pagan itu harus diwujudkan dan dikelola secara baik untuk jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Sofian Raga ungkapkan, jika melihat komoditi yang ada di Tarakan, sembilan bahan pokok semuanya harus terjaga (baca, tersedia) oleh karena itu selain mengandalkan pasokan dari luar pulau Tarakan, para petani lokal juga dituntut untuk berkembang, sehingga kedepannya semua jenis komoditi, baik bidang pertanian, peternakan dan perkebunan dengan konteks skala tertentu lebih produktif.

 

“Produksi dan efisiensi produksi naik dan akibatnya tingkat penghidupan dan kesejahteraan petani meningkat,” jelas Sofian Raga.

Secara geografis, lahan diwilayah Tarakan tidak seluas lahan didaerah lain. tetapi pemerintah kota berupaya mendukung/melakukan usaha – usaha peternakan, pertanian, perkebunan skala tertentu, sesuai dengan potensi lahan yang tersedia atau dengan melakukan upaya secara teknologi, seperti yang sedang dikembangkan diberbagai negara. Dengan teknologi papar Sofian Raga, lahan yang kecil dapat menghasilkan produk – produk yang maksimal, baik dari kualitasnya ataupun termasuk nilai jualnya.

“Saya sudah menginstruksikan kepada Camat dan Lurah, untuk segera menginventarisir semua lahan – lahan yang tidak produktif. Yang dari dulu tidak dipergunakan dan itu harus diupayakan apakah itu untuk perkebunan pertanian peternakan,” imbuhnya.

“Lahan – lahan tidur itu, sebaiknya segera dikelola sehingga kita tidak ketergantungan dari luar, kita punya jaminan pasar. Jangan ragu – ragu, produksi saja, pasarnya siap menampung,” tegas Walikota Tarakan.

OZ – DD, Diskominfo Tarakan


Sumber : Website Resmi Pemerintah Kota Tarakan

November 4, 2015 - Posted by | Kota Tarakan | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: