Tarakan Borneo Blog

Just another WordPress.com weblog

Prediksi Euro 2008 Austria-Swiss

Sekarang Eropa mempunyai hajatan sepakbola lebih besar lagi yaitu Euro 2008 Austria-Swiss. Euro seperti piala dunia kecil, kita mungkin kehilangan Inggris yang liga Premier-nya menguasai Eropa lewat All-English final Liga Champion 2007/2008.

Tragis memang, tapi Euro 2008 tidak akan kehilangan gregetnya, masih ada Jerman, Portugal, Spanyol, Belanda,Ceko Perancis dan sang juara dunia Italia. Mereka akan disertai kuda-kuda hitam Eropa lainnya semodel Kroasia, Romania, Swedia, Romania, Rusia, Turki,Polandia dan tuan rumah Swiss serta Austria.

GRUP A (Rep.Ceko, Swiss, Portugal, Turki) Sulit untuk membantah tim unggulan di grup ini adalah Rep.Ceko, tim asuhan Karel Bruckner ini sangat sukses di Euro, tercatat mereka mencetak rekor sempurna dengan terus-menerus hadir di babak utama Euro sampai 4 kali sejak kehadiran mereka di Euro 96.

Mereka memuncaki klasemen kualifikasi Euro 2008 dengan mempecundangi semi-finalis Piala Dunia Jerman. Ceko main di Euro 54 kali, menang 39 kali, draw 8 kali dan kalah 7 kali. Mereka memasukan 117 gol dan hanya kemasukan 37 gol!. Kuatnya pertahanan mereka akan menjadi legenda, 4 bek yang sulit ditembus plus kiper jempolan Peter Chech seperti tembok besar bagi tim lawan.

Kelemahan Ceko terletak disektor gelandang serang yang ditinggal pemain vetaran Pavel Nedved dan Karel Poborsky. Tim-tim yang saya prediksi ikut menemani atau bahkan mempunyai kesempatan mendongkel Rep.Ceko adalah Portugal dan tuan rumah Swiss.

Portugal dikenal dengan pengusaan bola dan menekankan pola menyerang, maka tidak heran Portugal sering kali dijuluki “Samba Eropa” bukan hanya karena kemiripan pola permainan, Brasil memang bekas jajahan Portugal, mereka menggunakan bahasa yang sama Portugis dan kini pelatih Portugal juga sosok Brazilian Luiz-Pelippe Scolari. Kelemahan Portugal adalah mereka sering dituduh bermain terlalu individual, ada anggapan bahwa Portugal adalah “one man show” Cristiano Ronaldo apabila dia dimatikan maka Portugal akan mati pula, itu bisa jadi benar bisa pula salah.

Tuan rumah Swiss mempunyai keuntungan sebagai tim tuan rumah dan tim yang benar-benar mengandalkan kolektivitas pemain, kelemahan Swiss adalah dilini depan dan kurangnya kreativitas lini tengah, Jacob Kuhn sang pelatih memang membentuk Swiss sebagai tim yang amat defensif.

GRUP B (Austria,Kroasia,Jerman,Polandia)Tim unggulan digrup ini bagi saya adalah tetap Jerman, saking lekatnya Jerman dengan Euro kita harus membayangkan kaitannya antara Piala Dunia dan Brasil, begitulah Jerman dengan Euro-nya. Jerman telah menjuarai 3 kali Euro dan masih memegang rekor sebagai negara pemenang Euro terbanyak dibandingkan konstestan lainnya.

Rekor mereka pada kualifikasi Euro kali memang berada diposisi kedua setelah Rep.Ceko. Tapi faktor sejarah dan kesuksesan mereka di piala dunia 2006 lalu mengharuskan kita untuk menempatkan Jerman sebagai tim unggulan kalau tidak sebagai “Calon Juara Euro 2008″, rekor mereka di Euro adalah main 110 kali, menang 67 kali, Draw 29 kali, kalah 14 kali. Mereka memasukan 224 gol kegawang lawan dan hanya kemasukan 77 gol.

Kroasia langsung saya tempatkan sebagai unggulan kedua digrup B, karena keberhasilannya “menggagahi” Inggris hingga Britinia Raya sampai tidak mempunyai satu pun wakil pada Euro 2008, dibawah asuhan pelatih “aneh” Slaven Bilic , Kroasia menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan mereka menguasai kualifikasi euro 2008 dan menempatkan Rusia menjadi runner-up saja.

Sedangkan Polandia dan Austria berpotensi menjadi tim “penghibur” Euro kali ini, bahkan tuan rumah Austria sampai dibenci oleh suporternya sendiri karena hasil-hasil buruk selama uji coba dengan mengeluarkan petisi anti-timnas Austria, sungguh tragis.

GRUP C (Perancis, Italia, Belanda, Rumania)Sangat sulit menentukan siapa yang akan menguasai grup “neraka” ini, bahkan tim yang dianggap paling lemah Rumania pun berstatus sebagai kuda hitam. Tapi kita harus mempunyai ketetapan hati untuk menentukan pilihan, kali ini saya mantap mengunggulkan Italia yang mempunyai kans lolos kebabak selanjutnya.

Berstatus sebagai juara dunia 2006, pada babak kualifikasi Euro, Italia memuncaki klasemen menempatkan Perancis sebagai Runner-up dengan catatan yang mengesankan, Donadoni membawa Italia lolos dengan hanya sekali kalah dari 12 kali pertandingan. Keseluruhan tim juara dunia 2006 ini masih lengkap kecuali mundurnya Nesta dan Totti, tapi darah muda seperti Chiellini dan Barzagli hadir mengisi Nesta, serta Quagliarella dan Cassano mengganti Totti.

Italia saya prediksi melaju kebabak selanjutnya. Bila mereka sampai menjadi juara grup C, maka mereka sahih saya nobatkan sebagai “Calon juara Euro 2008″.Sementara tiga negara lainnya yaitu Perancis,Belanda dan Rumania akan saling bunuh untuk melaju kebabak selanjutnya. Saya sampai tidak berani menentukan siapa diantara mereka yang akan lolos kebabak selanjutnya, hati saya memang bersama Belanda, tapi otak mengatakan Perancis yang lolos, sementara “feeling gila” mengatakan Rumania punya kans untuk lolos…entahlah….

GRUP D (Yunani,Spanyol,Swedia, Rusia)Suka atau tidak Yunani adalah juara bertahan Euro, mereka layak kita unggulkan walau memang permainan negatif football yang mereka terapkan sangat menjengkelkan tapi efektif dan efesien. karena itulah dalam babak kualifikasi Euro 2008 mereka keluar menjadi juara grup menyisihkan Turki, kekuatan mereka ada pada pertahanannya yang sudah terbukti liat ketika Euro 2004 dan kolektivitas permainan tim karena mereka tidak mempunyai “bintang utama” dalam tim.

Kelemahan mereka dalam Euro sekarang adalah tidak ada tim yang menganggap enteng Yunani lagi, semua akan tampil all-out kala berhadapan sang juara bertahan, tak ada “kejutan” semua telah tahu strategi Otto Rehagel dan bertekad membongkar “tempurung”-nya.

Saking banyaknya bintang di timnas Spanyol, susunan tim Spanyol seperti sekumpulan “All-Star Footbal” Spanyol. Dari mulai penjaga gawang handal Casillas, sektor gelandang dipenuhi otak dan otot muda yang brilian seperti Fabregras, Xavi dan Iniesta. Sementara sektor depan sangat menjanjikan dengan kehadiran Villa dan Torres, tidak ada lagi sang pangeran Raul Gonzales di skuad Aragones sang pelatih, mungkin Aragones menganggap Raul pembawa sial hingga tim bertabur bintang seperti Spanyol selalu gagal di pentas-pentas Eropa dan Dunia. Spanyol adalah unggulan kedua saya digrup ini.

Bagaimana Russia dan Swedia?, Hiddink sang pelatih Russia tampaknya lebih berkonsentrasi membangun skuad muda Russia. Revolusi besar sedang diusung Hiddink bagi timnas Russia, saya takutkan pasukan muda Hiddink tak akan bertahan lama di Euro kali ini. Swedia tampaknya perlu sedikit penyegaran, hampir tidak ada perubahan berarti di tim Lagerback ini saya malah terkaget-kaget melihat nama Henrik Larsson disusunan pemain Swedia, Ibrahimovic yang cemerlang di bersama Inter musim ini saya rasa akan menjadi dinamo bagi Swedia yang terlihat sudah usang baik secara fisik dan strategi tim

Sumber : Abdimedia Online

June 6, 2008 - Posted by | Uncategorized | ,

1 Comment »

  1. walupun banyak team-team yang berlaga di euro yang katanya ini pemainnya bagus ke’, katanya pelatihnya provesional ke’namun yang jadi jawara euro tahun ini pasti PORTUGAL.
    CYAYO PORTUGAL!!!!!!!!!>:d)<

    Comment by Anonymous | June 9, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: